Perlukah Membuat Blog untuk Website Perusahaan?

Rabu, 03 Desember 2014


Di artikel terdahulu, kita sudah membahas tentang pentingnya content marketing untuk meningkatkan usaha Anda. Di dalam artikel itu disebutkan fakta bahwa perusahaan yang memiliki halaman blog mendapatkan pengunjung website dengan jumlah 97% lebih banyak daripada perusahaan yang tidak memiliki blog (dari Quicksprout).

Fakta tersebut membuktikan bahwa halaman blog sangat penting untuk meningkatkan jumlah pengunjung website Anda. Nah! Apakah website perusahaan Anda sudah memiliki blog? Dan apakah Anda masih ragu untuk menulis artikel dalam blog untuk mengoptimalkan kerja website Anda?

Berikut ini kami rangkumkan alasan-alasan mengapa Anda harus melengkapi website Anda dengan blog. Setidaknya ada 12 hal penting terkait dengan blog untuk usaha Anda, seperti yang kami kutip dari The Ultimate Guide to Blogging oleh Joe Pulizzi, berikut ini:

  1. Blog adalah sistem content marketing yang mudah digunakan. Tidak dibutuhkan keahlian tinggi untuk dapat mengelola blog. Selain itu, blog juga fleksibel, bisa cepat di-update, dan murah.
  2. Blog akan mendukung website Anda. Konten dalam blog dapat diintegrasikan dengan website Anda. Keuntungan lainnya: tidak seperti layanan pihak ketiga seperti FB ataupun twitter, blog bisa Anda kelola tanpa terbatasi oleh kebijakan pihak ketiga.
  3. Blog merupakan media untuk memperkenalkan brand perusahaan dengan lebih luas. Tanpa harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk bekerjasama dengan pihak ketiga, Anda bisa memperkenalkan brand perusahaan Anda kepada calon konsumen potensial Anda.
  4. Blog mengintegrasikan brand dan content marketing. Komunikasi yang dibangun melalui blog terlihat lebih akrab dengan pembaca, sehingga blog bisa dianggap memiliki “suara unik” untuk berkomunikasi dengan konsumen Anda.
  5. Blog meningkatkan optimasi mesin pencarian. Dengan mengelola blog dan mengintegrasikannya dengan website, Anda juga bisa meningkatkan SEO website Anda.
  6. Blog adalah layanan 24/7 (24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu). Artinya, Anda bisa mengupdate blog, menjawab komentar, dan mengedit blog Anda kapan saja.
  7. Dalam blog, Anda bisa menampilkan informasi dalam berbagai macam bentuk, seperti: teks, foto, grafik, video, slide presentasi, maupun Pdf. Anda juga bisa memanfaatkan blog Anda untuk mempromosikan agenda offline perusahaan Anda.
  8. Blog dapat memfasilitasi distribusi konten melalui RSS feed tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.
  9. Blog menyediakan konten untuk berinteraksi dalam media sosial. Anda bisa membagikan informasi yang ada dalam konten blog Anda ke akun media sosial. Dengan demikian, Anda bisa menarik lebih banyak orang ke  akun sosial media perusahaan Anda. Sebaliknya, membagikan konten blog di akun media sosial juga bisa sekaligus memperbanyak jumlah orang mengunjungi blog dan website Anda. Anda bisa melihat ini sebagai sebuah keuntungan ganda.
  10. Blog bisa digunakan untuk mengarahkan calon konsumen ke halaman tertentu di website Anda.  Dengan meletakkan setingan URL maupun QR code di blog, Anda bisa mengarahkan pembaca blog ke halaman website Anda.
  11. Blog sangat fleksibel. Blog bisa mendukung tujuan perusahaan Anda seperti: menyediakan artikel yang terkait dengan produk atau layanan Anda, menjawab pertanyaan dari konsumen, menarik calon konsumen, dan menjalin komunikasi dengan konsumen setia Anda.
  12. Dengan mengetahui statistik pembaca blog, Anda bisa melihat perkembangan efektivitas content marketing Anda. Dengan demikian, Anda bisa selalu memonitor perkembangan usaha dan keberhasilan marketing perusahaan Anda.


Setelah menyimak dua belas poin di atas, jelas bahwa website perusahaan yang terintegrasi dengan blog akan meningkatkan efektivitas keberhasilan content marketing yang akan bermuara pada peningkatan jumlah konsumen potensial. Tentu saja hasil ini tidak akan serta-merta dicapai dalam semalam. Jadi, buat apa menunggu lebih lama lagi? Lengkapi website Anda dengan blog sekarang juga!


Share on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. Meow - IT.