Cara Membuat Website Sendiri

Senin, 08 Desember 2014


Cara Membuat Website Sendiri - Saat ini membuat sebuah website sangatlah mudah. Dengan hanya menggunakan CMS WordPress, Anda dapat dengan mudah membuat website profesional sendiri atau blog pribadi, tanpa pengetahuan teknis dan pengalaman yang dibutuhkan.
Bagaimana cara membuat website untuk pemula?

Cara membuat website pada prinsipnya tidaklah sulit. Yang Anda perlukan adalah nama domain, paket hosting dan perangkat lunak (WordPress,Joomla, Drupall dan cms lainnya) yang dibutuhkan untuk membangun sebuah website.

1. Konten Managemen Sistem atau CMS

Bila anda belum pernah sama sekali membuat web pribadi ataupun blog, salah satu yang dapat anda coba sebagai langkah awal yaitu dengan menggunakan sistem manajemen konten populer seperti WordPress, Joomla, atau Drupal.
WordPress adalah program pengelola konten gratis dan komprehensif yang dapat Anda gunakan dengan mudah membangun website, mendisain dan mengelolanya baik untuk tujuan personal, bisnis, atau perusahaan.

2. Yang kedua adalah hosting

Jika nama domain adalah alamat website Anda, maka hosting adalah rumah tempat di mana situs anda tinggal. Melalui akun hosting, situs web Anda selalu terhubung ke Internet. Sebuah hosting terhubung ke server. Server tersebut dikelola oleh penyedia hosting.
Untuk membuat web, investasi yang diperlukan selama satu tahun tidaklah terlalu banyak, hosting dapat disewa di sebuah perusahaan layanan hosting yang dapat dengan mudah anda ditemukan di internet.
Saat ini kebanyakan penyedia layanan hosting memiliki skrip instalasi wordpress langsung jadi, yang memungkinkan penngunanya dengan mudah menginstal wordpress tanpa perlu tindakan teknis yang rumit.

3. Nama domain

Apa itu nama domain? Sebuah nama domain (URL) adalah alamat internet pada web (seperti www.fokus.web.id atau www.wikipedia.org).
Setiap situs web membutuhkan nama domain. Anda juga memerlukan nama domain untuk membuat website sebagai identitas website Anda. Sebuah nama domain terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah alamat atau nama website. Bagian kedua adalah ekstensi domain. Ada ratusan jenis ekstensi domain seperti .com, .net, .org atau web.id seperti yang kami gunakan.

Berapa biayanya? 
Berdasarkan pengalaman yang kami miliki, biaya yang harus anda keluarkan selama 12 bulan untuk website tidak terlalu mahal, berikut adalah biaya rata-rata yang dibutuhkan untuk buat sebuah website.

1. Nama domain: 100 ribu per tahun untuk nama domain berakhiran .com, .net, .org

2. Hosting, biaya mulai dari 50 ribu-100 ribu pertahun ( tergantung keperluan, harga bisa sampai jutaan bila anda membuat website yang memiliki lalu lintas web tinggi)

3. CMS semisal WordPress, Joomla, drupal (gratis)

Bagaimana cara membuat website di WordPress secara manual?

Apabila layanan hosting anda tidak menyediakan skrip instalasi wordpress otomatis, maka mau tidak mau anda harus belajar meinstallnya sendiri, berikut langkah yang harus diperhatikan:

Langkah 1: Download dan unzip WordPress di http://id.wordpress.org/

Langkah 2: Buat database untuk WordPress (username dan nama database)

Langkah 3: Upload file WordPress.zip (dari komputer Anda) ke hosting (di direktori root).

Langkah 4: Buka nama domain Anda pada kolom url dan tambahkan wp-admin / install.php di belakangnya.

Langkah 5: Ikuti petunjuk yang tertera di layar. (masukkan nama database dan username yang sudah dibuat sebelumnya)

Langkah 6: Masukkan nama pengguna (username) dan password untuk masuk ke situs anda

Langkah 7: Tekan install

Langkah 8: Selesai, sampai pada tahap ini anda sudah memiliki situs web sendiri dengan CMS WordPress yang anda install sendiri.

Kesimpulan

Cara membuat website tidaklah sesulit yang dibayangkan dan semahal yang anda pikirkan, asalkan anda berani mencoba dan terus belajar, maka anda pasti bisa membuat website sendiri dengan wordpress, selamat mencoba. 

jika masih kesulitan anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan website, untuk pembuatan website terpercaya dan profesional silakan hub disini.

Sumber: bursa
Share on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. Meow - IT.